Di balik rahasia Air Mata || berbasis islam

Di Balik Rahasia Air Mata

Sungguh sempurna manusia yang diciptakan oleh Allah ta’ala.karena memang ovum hanya mau dengan spermatozoa yang paling hebat dari miiyaran spermatozoa, yang hendak melamarnya. Pantaslah jika lahir anak manusia yang paling bagus. Paling unggul. Dan, paling sempurna. Apabia di bandingkan dengan semua mahluk Allah azza wa jalla yang lain.
Menangis. Inilah salah satu tanda hebatnya seorang manusia. Ia dianugerahi-nya dapat  menangis. Sudah barang tentu menangis yang bermakna positif. Bukan sekedar menangis karena air mata buaya. Bukan pua air mata akibat kedurhakaan sorang hamba setelah berada di dlam neraka.yang jelas, apabila seseorang dianugerahi dapat menangis. apalagi sering menangis. Utmanya di saat sendirian. Sebab, mengingat segenap dosa dan maksiatnya. Maka, air mata itu sangat berguna kelak di akhirat.
Betapa hebatnya para hamba yang shalil. Dari generasi para nabiullah, para rasulullah, para ashfiya’, dan orang-orang mulua dari umat Rasulullah saw ini. Sebab, apabila di bacakan ayat-ayat Allah swt. Air mata mereka keluar membasahi kedua pipinya. Allah ta’ala berfirman,”mereka adalah orang-orang yan telah diberi nikmat oleh Allah.yaitu,para nabi dari keturunan Adam, orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, keturunan Ibrahim,[keturunan] Israil, dan dari orang-orang yangtelah kami beri petunjuk dan telah kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang maha pemurah kepada mereka. Maka,mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis” (Qs.Maryam[19]:58).

Macam Tangisan Menurut Nabi

Nabi saw bersabda, “ Ada dua air mata yang tidak akan tersentuh oleh neraka: 1.Mata yang menangis lantaran takut kepada Allah; dan 2).Mata yang terjaga untukmenjaga kepentingan di jalan Allah” (Hr.Tirmidzi). dalam sabda yang lain, “ada tujuh golongan yang beradadi naungan Allah pada saat tidak ada naungan lain selain naungan-Nya.1).Pemimpin yang adil 2). Seorang pemuda yang tumbuh dalam suasa beribadah kepada rabb-nya; 3).seorang lelalki yang hatinya selalu terkait dengan masjid; 4).Dua orang yang sling mencintai karena Allah, yan keduanya berkumpu dan berpisah berlandaskan cinta karena Allah; 5).Seorang lelaki yang di ajak oleh seorang perempuan yang mempunyai kedudukan dan penampilan menarik laluia katakan,”saya takut kepada Allah.”; 6).Seorang lelaki yang bersdekahlalu ia menyembunyikan sedekahnya itu hingga tangan kirinya tidakmengetahui apa yang sudah di sedekahkan tangan kanannya; dan 7).Seoang lelaki yang berdzikir dalamkeadaan sembunyi-sembunyi lalu kedua matanya berlinang air mata” (Hr.Bukhari).
Itulah sebabnya, banyak dari orang-orang terdahulu. Mulai dari generasi:sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in,dan salafush shalih. yang memiliki kebiasaan menangis dalam kesendirian. mereka benar-benar sangat takut dengan Allah.mereka menangis karena puncak penyesalan atas taubat mereka denganNYA. Ini benar-benar anugerahnya.ya menangis benar-benar amugerah dari sisi Allah jalla jalaluh.
Bersyukurlah, apabila masih dapat menangisi segenap dosa dan kesalahan diri. Sehingga bangkit untuk memperbaiki dirinya.
Menangis merupakan bagian yang melekat dalam kehidupan seorang mukmin-mukminah. Banyak menangis dn sedikit tertawa. Ini yang di ajarkan oeh Rasulullah saw. Kerena kehidupan dunia tidakuntuk memperbanyak gelak tawa. Sebaliknya, didunia ini seorang mukmin-mukminah harus banyak menangis. Menangis di sebabkan masa depanyang belum jelas. Di surgakah? Atau, di nerakakah? Menangis yang dilakukan adalah wujud pertaubatan karena penyesalan yang mendalam.

Hati-Hati Dengan Tangisan

Manusia menangis banyak ragam dan kepentinganya. Dari sekian banyakmodel dan ragam tangisan. Hanya satu tangisan yang baik. Yaitu, menangis karena takut kepada Allah swt. Itulah sebabnya, setiaporang mukmin harus hati-hati dalam menangis. Jangan sampai menangis karena persoaal tidak berprinsip. Seperti: takut miskin, kehilangan harta benda, kehilangan orang yang dicintai, karena sakit, atau karena sebab-sebab lainyang tidak mendasar.
Yang nyata-nyata harus dihindari, bukan menangis karena pamer, menipu, merayu, kaget, dan kesepian. Allah ta’alaberfirman,” maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak. Sebagai pebalasan dari apa yang selalu merka kerjakan”(Qs.at-Taubah[9]:82).
Itulah sebabnya, setiap mukmin-mukminah harus mampu menjaga kondisi hati. Artinya, harus menjaga kesehatan hati. Di mana hati senantiasa diupayakan dalam keadaan yang terus menerus dibersihkan dan disucikan. Sehingga benar-benar menjadi hati yang selamat. Hati yang selamat, insyaallah bakal melahirkan tangisan yang membahagiakan.

Biasakah Menangis

Memiliki kebiasaan menangis sebab takut kepada Allah ta’ala. Adalah karunia yang sangat mahal harganya. Tidak semua orang islam dapat melakukannya. Karenanya, Nabi saw mengajarkan, jika tidak dapat menangis. Maka, berbuatlah seolah-olah seperti orang yang sedih sehingga akhirnya benar-benar menangis karenanya. Memang sulit. Namun sesulit apapun dapat di kalahkan dalam seringnya,atau disiplin dalam melakukan latihan-latihan. Allah ta’ala berfirman,”dan,bahwasanya dia-lah yang enjadikan orang tertawa dan menangis” (Qs.an-Najm[53]:43). Barang siapa yang disiplin dengan latihan untuk dapat menangis karena takut kepada Allah swt. Pasti suatu saat dianugerahinya. Sebaliknya, barang siapayang tidak mau berusaha. Maka, Allah swt tidak akan memberikan apresiasi kepada hambanya yang malas.
Apabila seorang mengetahui mengenai rahasia kehidupan. maka,dalam kehidupan di dunia ini bakalbanyak menangisnya, dibandingkan dengan tertawanya. Banyak tertawa adalah kebiasaan orang yang awam lagi bodoh. Tertawa dibolehkan hanya sekedarnya. Sebab, terlalu banyak tertawa membuat hati seseorang menjadi keras. demikian disabdakan Nabi saw dalam sebuah hadist yang bagus.ituah sebabnya, mulaisaat ini mari terus biasakan menangis. Utamanya disaat sendirian ketika: dzikrullah, eirdullah, tilawah al-qur’an, tafakkur, dan tazabbur. Allah ta’ala berfirman,” dan,mereka menyungkur atas muka mereka sammbil menangis dan mereka bertambah khusyu’” (Qs.al-Isra’[17]:109).

Subscribe to receive free email updates: