kreativitas menggunakan kamera smartphone/ HP




kreativitas menggunakan kamera smartphone/ HP




Dengan kamera terintegrasi yang berkualitas, smartphone masa kini telah menjelma jadi perangkat fotografi yang andal. Bentuk ponsel pintar yang ringkas memudahkan pemakaiannya untuk menjepret foto-foto kreatif.
Nah, untuk membantu mewujudkan hal tersebut, Cooperative of Photography merilis sebuah tutorial video berisi delapan ide unik yang bisa dicoba, seperti berikut.
1. Pakai balon untuk menjepret foto atau merekam video dari angkasa
Siapa bilang aerial photography hanya bisa dilakukan oleh pemilik drone? Kamupun bisa memanfaatkan balon helium untuk "menerbangkan" smartphone dan menjepret foto atau merekam video dari angkasa.
Caranya bisa dengan memakai balon helium yang berukuran cukup besar dan beberapai untai benang pancing yang kuat. Pengambilan gambar bisa dibantu dengan aksesoris atau aplikasi remote shutter yang banyak tersedia.
2. Kacamata hitam bergradasi untuk menyeimbangkan gelap dan terang
Pernah mencoba memotret sunset atau sunrise? Kamu tentu mengetahui perbedaan tingkat cahaya antara foreground dan background yang bisa mengakibatkan langit terlihat terlalu terang atau bumi terlalu gelap.
Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba memakai kacamata hitam bergradasi (gradient sunglasses) untuk menyeimbangkan exposure. Efeknya mirip dengan filter graduated ND pada kamera DSLR. Niscaya bumi dan langit sama-sama terlihat jelas!
3. Efek pinhole dengan lubang kecil di kardus
Kamu bisa membuat efek "pinhole" yang menarik dengan memanfaakan sepotong kecil kardus. Caranya cukup dengan melubangi potongan kardus dengan jarum dan menaruhnya di depan lensa kamera smartphone.
4. Frame "3D" dengan kertas foto Polaroid
Punya kertas foto Polaroid yang tak terpakai? Potong bidang gambar di tengahnya sehingga menyisakan bagian bingkai kertas berwarna putih, lalu taruh di depan obyek foto sebelum menjepret dengan smartphone. Kamu pun bisa menciptakan efek "tiga dimensi yang menarik!
5. Buat foto "tiny planet" dari panorama
Cara yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk "memampatkan" foto panorama agar bisa dimuat di Instagram. Hanya dengan mengunduh aplikasi tiny planet yang banyak tersedia, kamu pun bisa menyulap panorama jadi serupa planet-planet kecil yang unik.
6. Foto "high-key" membuat tampilan lebih asyik
"High-key" di sini berarti foto sengaja dibuat agar overexposed alias terlihat lebih terang dari biasanya. Ini bisa menghasilkan efek visual yang cantik apabila dipakai dengan jitu. Kamu pun tak harus memakai kamera digital profesional untuk mewujudkannya, cukup dengan smartphone masa kini yang menyediakan fitur exposure lock.
Caranya adalah dengan menghadapkan kamera smartphone ke bidang gelap (misalnya kertas hitam) sehingga sistem metering melakukan overexposure, kemudian kunci setting exposureitu dan mulailah berkreasi.
7. Foto dalam foto dengan "selfieception"
Tips yang satu ini akan menghasilkan efek seperti gambar di awal artikel. Ambillah foto wajah sebuah obyek (misalnya patung) dan tampilkan di layar ponsel. Kemudian, taruh ponsel yang memuat foto wajah itu di depan wajahmu sendiri dan mintalah seorang kawan untuk memotret!
8. Proyektor bikinan sendiri
Selain merekam gambar, smartphone pun bisa dimanfaatkan untuk menampilkan gambar ke bidang lebar serupa proyektor! Kamu membutuhkan sebuah kardus dan lensa kamera untuk melakukannya.
Lubangi salah satu sisi kardus sesuai ukuran lensa, pasang lensa tersebut dengan bantuan selotip atau perekat lain, kemudian letakkan smartphone di dalam kardus, persis di depan lensa, dan tutup kardus untuk mencegah masuknya cahaya dari luar.

Subscribe to receive free email updates: