Makalah Internet Tentang Web browser || teknologi informasi dan komunikasi



MAKALAH INTERNET

WEB BROWSER





KATA PENGANTAR

      
Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat tuhan yang maha esa ,karena bimbingnya kami bisa menyelyeikan sebuah makalah TIK yang berjudul “WEB BROWSER “makalah ini di buat dengan berbagai observasi dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa di pertanggung jawabkan  hasilnya .
Kami meengucapkan terima kasih kepada GURU PEMBIMBING yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menyelseikan makalah ini.sehingga melaluhi kesempatan ini kami bisa mengetahui lebih dalam mengenai WEB BROWSER .
Kami menyadari bahwa masih banyak kekuranganyang mendasar pada makalah ini .oleh karena itu kami harap para pembaca berkenan untuk memberi keritik atau saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Dengan ini kami mempersembahkan makalah ini dengan rasa terima kasih dan semoga hasil makalah ini dapat memberikan manfaat dan sumber positif bagi kita semua.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A.         Latar Belakang
B.          Rumusan Masalah
BAB 2 PEMBAHASAN
A.      Pengertian Web Browser dari para ahli.
B.      Jenis-jenis web broswer
1.          Netscape Navigator,
2.          Internet Explorer
3.          Mozilla Firefox
4.          Opera
5.          Safari
6.          Google crome
7.          Flock
8.          OperaTor
9.          Maxthon
10.       Avant Browser
BAB 3
A.      KESIMPULAN
B.      SARAN
DAFTAR PUSTAKA







BAB 1
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang

Pada saat sekarang ini, komputer mempunyai peranan penting dalam segala segi kehidupan. Kebanyakan dari komputer-komputer ini digunakan untuk menyimpan dan mendapatkan kembali data yang mempunyai jumlah yang besar dengan sebuah cara yang efisien. Akan tetapi, data-data tersebut tidak hanya berasal dan bersumber dari satu pihak. Agar bisa mendapatkan data-data tersebut, kita juga sudah bisa mengaksesnya dengan cara berinternet.
Internet saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak yang latah dan naif dalam istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Namun hal itu tidak menjadi penting (bagi pengguna awam), yang penting bisa ngenet, browsing, FB, Twit, ngegame ataupun berbisnis. Ada baiknya kita mengetahui sedikit demi sedikit istilah yang digunakan internet. Salah satunya WEB BROWSER. Dalam menterjemahkan istilah ini belum ada yang baku namun mengkristal pada pengertian yang sama.
Indonesia merupakan negara pengguna layanan internet yang cukup besar, sehingga marak beredar berbagai jenis web browser di Indonesia. Web browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membuka halaman web. Sarana ini memungkinkan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet, misalnya membaca isi web, memasukkan komentar, menyalin gambar, lagu, bahkan menyalin film dan lain-lain.
Sebut saja Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Flock dan lain-lain. Software-software tersebut merupakan beberapa contoh web browser yang beredar di Indonesia. Banyaknya web browser yang beredar mendorong munculnya kebingungan di kalangan para penjelajah dunia maya dalam memilih web browser yang harus digunakannya untuk melakukan aktivitasnya. Pada dasarnya, semua web browser memiliki prinsip kerja yang sama, hanya fitur-fitur yang ditawarkannyalah yang berbeda.
Setiap penjelajah dunia maya memiliki kepentingan masing-masing dalam mengakses internet. Oleh karena itu, dalam memilih web browser pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak.  Ini juga berlaku pada web browser yang ada di Indonesia. Tiap web browser memiliki kelebihan dan kelemahan,    baik     dalam     hal    surving,    keamanan,   download,   upload dan lain-lain. Oleh karena itu, jangan sampai para penjelajah dunia maya salah memilih web browser yang seharusnya ia gunakan.
Untuk memilih web browser yang harus digunakan, terlebih dahulu harus diketahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki web browser tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, para penjelajah dunia maya harus pintar dalam memilih web browser yang sesuai dengan aktivitasnya.
Untuk memudahkan para penjelajah dunia maya dalam memilih web browser yang sesuai dengan kebutuhannya, maka melalui makalah ini kami akan membahas keunggulan dan kelemahan beberapa web browser yang beredar di Indonesia, khususnya Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Google Chrome dan Flock.
B.      Rumusan Masalah
1.       Apa pengertian ebbrowser menurut para ahli.
2.       Apa saja jeni-jenis web browser.



BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Browser
Pengertian browsing menurut beberapa sumber adalah :
Ø  Web Browser atau (Indonesia:Penjelajah web), disebut juga peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. (wikipedia)
Ø  Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar.
Ø  Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.
Ø  Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.


B.      Jenis -Jenis Web Browser
1.       Netscape Navigator,
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, sertaMacintosh. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications(NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), danproyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

2.       Internet Explorer
Internet Explorer 7 dalam Windows Vista
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieteryang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semuaplatform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac(yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoftmenganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.

3.       Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis,sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkanuntuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorerkeluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinyaperang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
Versi 3.0 yang diluncurkan pada 17 Juni 2008 merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia.

4.       Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagaisistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.
Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.

5.       Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web default. Pada 11 Juni 2007, versi preview untukWindows dari Safari diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.
6.       Google crome
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanyasendiridinamakan Chromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sedang dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk dirilistaklamalagi
Google Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, yang saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. Lalu pada 11 Desember pada tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.
Dan pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 25-28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut sejumlah sumber.

7.       Flock
Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas. Halaman awal ini tetap muncul walau komputer anda dalam keadaan offline dan beberapa vendor yang dipasang adalah :
Ø  Youtube, sebagai media broadcasting.
Ø  Gmail dan Yahoo mail, untuk membuka email.
Ø  Blogger untuk anda yang hobi nge blog.
Ø  Facebook, myspace dan digg untuk yang selalu ingin berhubung dengan sahabat anda di internet.
Ø  Photobucket, tinypic dan Picasa untuk sharing foto kepada orang yang anda inginkan.
Ø  Delicious dan magnolia untuk melihat bookmark anda secara online.

Shortcut-shortcut diatas hanya beberapa, anda bisa mengeksplore nya lagi untuk mengetahuishortcutsitus-situskomunitaslain.
Browser ini memang sangat cocok untuk anda yang selalu online dan sering berkunjungkesitus-situskomunitas.
fitur remember password akan disuguhkan ketika anda memasuki form login di sebuah situs (seperti firefox) dan tampilan yang memang lebih “gaul”, mendukung Addon seperti firefox juga, dan tombol “one-click” untuk blog editor, upload photo, akses situs-situs favorit anda, rss, dan Youtube media bar (yang akan muncul di atas browser). Jadi untuk anda yang ingin kemudahan dalam bersosialisasi di internet, gunakan browser ini.
8.       OperaTor
Browser Opera yang lebih cantik dan powerfull untuk penjelajahan internet dengan Anonymous / “tak dikenal”. IP asli anda akan disembunyikan dengan menggunakan browser ini. OperaTor menggunakan browser Opera untuk berselancar namun terintegrasi dengan aplikasiToryangterdapatdalamsatubundlenya.
Saya menggunakan ini tanpa menginstall, bisa diartikan aplikasi ini bersifat portable dan bisa anda gunakan melalui flashdisk anda. namun 1 hal yang perlu diperhatikan, bahwa OperaTor hanya menyembunyikan IP anda pada protokol HTTP dan HTTPS saja. jika anda ingin tetap “anonymous” dalam dunia maya, maka anda perlu menggunakan fitur-fitur Opera seperti Java, Javascript, Bittorent dan email dan chat terintegrasi di Opera.
Tampilan OperaTor default ini lebih simple dan seperti browser Safari pada MAC OS.
Fitur-fitur standar Opera juga tertanam pada OperaTor. seperti email dan chat terintegrasi, fungsi popup blocker dan penambahan daftar situs yang ingin di blokir, Widget (addon pada Opera) juga ditanamkan dan tentunya mendukung untuk penambahan fungsi pada browser ini. Untuk melihat berbagai Widget yang ada, anda hanya cukup meng-klik Widgets di toolbar dan langsung akan mengarahkannya ke Opera Widget.
Dalam keadaan default, OperaTor akan menghapus data-data seperti cookies, history, cache, mail dan session ketika anda keluar dari browser ini. Mungkin seperti tema yang diusutnya, keep anonymous. Namun anda bisa mengaturnya sehingga tidak menghapus data-dataketikaandakeluardarbrowserini.
Cocok untuk anda yang ingin tetap anonymous dan secure.

9.       Maxthon
Maxthon menggunakan IE sebagai dasar. namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. jadi fitur ini akan membuat anda lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya. mempunyai beberapa tool yang dapat mentranslate halaman situs ke beberapa bahasa. tampilan user friendly dan cantik. ketika punyaNEWBIE coba untuk mendownload skin browser, ternyata maxthon otomatis mendownload 3 skin nya. padahal sebelumnya, punyaNEWBIE hanya menemukan satu skin saja (yaitu default).
Fitur lain yang membuat saya tercengang yaitu fitur screen capture, yang mengijinkan anda untuk menangkap gambar yang ada di desktop, jendela yang aktif atau di daerah tertentu. padahal ini adalah browser bukan aplikasi pengolah image. tapi fungsi ini tentusajamembantu.
Fitur lain yaitu pop up blocker yang memang paten dalam menangkal popup. saya uji dengan mengunjungi situs-situs yang biasanya mengandung popup (ziddu.com) dan Maxthon dapat memblokir halaman popup dengan sangat baik. ini dikarenakan fitur adhunter yang mengenali popup dan mencegahnya untuk muncul.
10.   Avant Browser
Sama seperti browser lainnya, teknologi yang di usung oleh Avant browser hampir serupa dengan browser lain, seperti pop-up blocker, skin costumize, dll. Pihak Avant juga mengklaim browser mereka merupakan browser tercepat di dunia. Versi terbaru dari browser ini adalah vers


BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan

            Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, penyajian, dan melintasi sumber informasi di World Wide Web. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin menjadihalamanweb,gambar,video,ataubagianlaindarikonten.
           Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna (“membuka” atau “mengambil”), memungkinkan mereka untuk melihat informasi (“display”, “render”), dan kemudian mengakses informasi lainnya (“navigasi” , “mengikuti link”).
B.     Saran
             Gunakanlah fasilitas Internet dengan bijak.Sebenarnya dampak Internet bukan hanya Negatif saja, tentu ada hal Fositifnya juga . Dan semua itu tergantung bagaimana kita menyikapi dan bagaimana kita memanfaatkannya


DAFTAR PUSTAKA

Subscribe to receive free email updates: