Bahaya Minuman Bersoda di Campuri Susu || Info Kesehatan



BAHAYA MINUMAN BERSODA 

 

Hey hey hey. Kembali lagi dengan saya di blog media instan belajar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana bahaya minuman bersoda bagi kesehatan.
Minuman bersoda telah menjadi kesukaan banyak orang di dunia,hampir setiap hari mereka menonsumsi minuman bersoda. Kenapa minuman bersoda itu diminati banyak orang setiap harinya?? Sehingga para peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap minuman bersoda.
Minuman bersoda mengandung beberapa zat bahaya yang kemungkinan besar  membuat konsumenterkena penyakit obesitas dan gangguan jantung. Ada beberapa kandungan zat negatif didalamnya dan kali ini saya menjelaskan 6 (enam) saja.
1.       Zat Pewarna
Kadang kan soda berwarna jernih seperti air mineral.?? Memang benar, akan tetapi meskipun jernih di dalamnya terkandung zat yang disebut methylimidazole (4-MI). Menurut penelitian dinas kesehatan AS, jika kita mengonsumsi terus-menerus dan berlebihan zat methylimidazole (4-MI) maka dapat memicu pertumbuhan kanker di tubuh kita. *serem amet nih!
2.       Kafein
Minuman berkafein menyebabkan kegelisahan, insomnia, tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak teratur, kadar kolesterol darah tinggi, vitamin dan penipisan mineral, benjolan payudara, cacat lahir, dan mungkin beberapa bentuk kanker. Selain itu, kafein menghentikan proses pencernaan zat besi dari makanan. Jadi bagi orang yang sering mengonsumsi soda kemungkinan besar kekurangan zat besi.
3.       Gula
Menurut para dokterdan penelitian di dalam minuman bersoda memiliki kadar gula yang banyak. Besarnya kandungan itu membuat kita rentan terkena obesitas. Sehingga dengan mudah kita terserah penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke.
4.       Asam Fosfat
Asam fosfat adalah salah satu penyebab terbesar dalam ginjal.  Bagi wanita mengonsumsi 3 kaleng soda maka dapat menyebabkan pengikisan ketebalan tulang sehingga tulang mulai kropos.
5.       Bispenol A
Kandungan ini masih berkaitan dengan penyakit jantung, kanker dan cacat pada anak, jadi bagi para ibu yangsedang hamil dan wanita yang sedang haid maka jangan sekali-kali mengonsumi soda secara berlebihan supaya tidak berakibat fatal.  Konsumsi sedikit saja dalam sehari kalu  bisa jangan mengonsumsinya.
6.       Asam Sitrat
Asam Sitrat adalah yang membuat rasa menendang dalam mulu. Jika kita mengonsumsi  secara berlebihan. maka akan membuat korosi pada gigi. Sehingga gigi mudah patah dan berlubang.

BAHAYA MINUMAN BERSODA DICAMPURI SUSU

Lain lagi jika kita mencarpun dengan susu. Memang susu menyehatkan bagi tubuh, tapi tidak jika soda  dicampur dengan susu. Kenapa begitu..??
Di Indonesia sendiri, campuran air soda dan susu ini dikenal dengan soda gembira. Soda gembira adalah salah satu minuman khas Indonesia sejenis krim soda yang dibuat dengan cara mencampurkan minuman soda dengan pemanis (susu kental manis, sirup, atau kombinasi lainnya).
Susu yang dicampur soda dapat menyebabkan terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3) karena susu kaya akan kalsium sedangkan soda mengandung karbonat dan jika disatukan akan bereaksi. Kalsium karbonat tersebut jika terus-menerus masuk ke dalam tubuh akan mengendap di ginjal dan menyebabkan batu ginjal karena CaCO3 tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dalam air.
Selain itu saat minum soda tanpa campuran apapun, kalsium yang terdapat pada gigi dan tulang akan terkikis agar menyeimbangkan asam fosfor yang banyak terkandung dalam soda dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama kalsium yang telah terkikis tadi. Sehingga akan meningkatkan resiko osteoporosis.
Jadi sebaiknya kita kurangi konsumsi minuman bersoda lebih lebih jika di campur dengan susu. Supaya kesehatan kita lebih terjaga.
Semoga info ini bermanfaat!!

Subscribe to receive free email updates: